27.10.09

Lima Pewarna Alami Masakan

PAPARAN makanan yang berwarna-warni mungkin bisa lebih merangsang otak dan membangkitkan selera bersantap. Itulah sebabnya, kini bermunculan beragam pewarna yang membuat sajian makanan dan minuman lebih menarik.

Namun, perlu diingat, pilihlah bahan pewarna alami. Berikut beberapa buah dan sayuran yang bermanfaat sebagai pewarna alami, termasuk khasiatnya:

Buah bit (pemberi warna pink atau merah keunguan)
Buah berwarna merah tua ini mengandung vitamin A (karotenoid), vitamin B1, B2, vitamin C, dan asam folat. Manfaatnya antara lain membantu mengobati penyakit hati dan empedu, penghancur sel kanker dan tumor, mencegah anemia, menurunkan kolesterol, dan membantu produksi sel darah merah.

Wortel (pemberi warna kuning/jingga)
Wortel bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta membantu pertahanan tubuh dari risiko kanker, terutama kanker paru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih, dan cervix (leher rahim).

Kunyit (pemberi warna kuning)
Kunyit mengandungi curcumin, suatu zat berwarna kuning. Jenis tanaman obat ini berguna sebagai obat antigatal dan antikejang, mengurangi pembengkakan, dan menyembuhkan hidung tersumbat.

Sawi (pemberi warna hijau)Sayuran ini kaya akan protein, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Manfaatnya untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk, penyembuh penyakit kepala, bahan pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.

Daun selada (pemberi warna hijau)
Daun selada air juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain kaya serat, sayuran berwarna hijau muda ini juga mengurangi risiko terjadinya kanker, katarak, menurunkan risiko gangguan jantung dan terjadinya stroke, mengurangi gangguan anemia, meringankan insomnia (sulit tidur), serta membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.

Daun suji dan daun pandan
Daun suji lebih sering dipakai sebagai pewarna hijau pada kue jajan pasar dan minuman. Daun pandan juga bisa memberikan warna hijau pada masakan dengan cara menumbuk dan memeras airnya, namun efek warnanya tidak sekuat daun suji.

(taken from OkeZone Food)

0 comments:

Post a Comment